Wednesday, May 7, 2014

Bandung Lautan Sampah

Seperti kita tahu masalah sampah seolah tak pernah ada habisnya. Jika menengok kebelakang sekitar tahun 2005, di kota Bandung pernah terjadi penumpukkan sampah dimana-mana yang berakibat Bandung mendapat gelar “ Bandung Lautan Sampah”. Hal ini cukup membuat miris.
Rabu tanggal 30 April kemarin, SMK Pasundan 3 Mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan Zero Waste Lifestyle bersama XL dan My Oyeah. Pelatihan ini mengajak para pesertanya untuk bisa menyelesaikan 70 % masalah sampah dari rumahnya masing-masing. Pelatihan ini yang diawali dengan ice breaking ini sangat menyennagkan. Dalam pelatihan ini mengajak pesertanya untuk mulai memilah dan memanfaatkan kembali.

Tak hanya itu saja, peserta diajak untuk mulai mengkompos dengan menggunakan media takakura. Pelatihan yang tidak hanya menyajikan materi tetapi peserta juga diajak untuk berpartisipasi dan diskusi. Pelatihan yang berdurasi 3 jam ini menjadi tidak membosankan.
70% masalah sampah di rumah ini bisa diselesaikan dengan memisahkan sampah dan manfaatkan. Sampah organik hasil dari makanan dan sampah dapur dapat di kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa diberikan pada pengepul. Nah bagaimana dengan 30 %-nya, dalam pelatihan ini dijelaskan bahwa sisanya kita bisa mulai dengan  mengurangi barang-barnag yang berpotensi menghasilkan sampah. Seperti dalam membeli makanan dalam kemasan bisa kita ganti dengan membuat makanan tersebut atau membeli makanan kiloan. Karena yang kita butuhkan adalah makannannya bukan bungkusnya. 
 
Setelah pelatihan ini peserta diajak untuk mengelilingi Urban Center YPBB. Dimana peserta diajak mengunjungi toko organis, melihat panel surya dan biodigester. Toko organis ini merupakan tempat berbelanja barang penunjang hidup organis serta zero waste, peserta diterangkan bahwa belanja di toko organis ini tidak menyediakan plastik seperti di toko biasa jadi belanjanya juga zero waste. Setelah itu, peserta diajak melihat panel surya, salah satu alternatif penganti listrik  dan diakhiri dengan memperlihatkan biodigester yang digunakan sebagai salah satu media pengelolaan sampah organis. 

Pelatihan Zero Waste Lifestyle yang berdurasi 3 jam ini semoga dapat bermanfaat dan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari di tengah keinginan manusia yang ingin hidup dalam kepraktisan dan budaya yang hanya sekali pakai (cenderung menghasilkan sampah). (PR)

0 komentar: